Keuntungan Menggunakan Mesin Laser Cutting

Ada beberapa jenis proses pemotongan yang bisa dipilih. Salah satunya adalah proses pemotongan dengan mesin laser. Bahkan proses pemotongan dengan mesin laser juga memiliki beberapa jenis. Mungkin sulit untuk memutuskan mana yang mungkin merupakan proses terbaik untuk aplikasi atau industri pilihan Anda. Untuk itu, melalui artikel ini, kami telah menyusun panduan tentang kelebihan proses pemotongan dengan mesin laser.

Proses non-kontak

Ini berarti bahwa mesin laser yang digunakan tidak menyentuh secara fisik terhadap material yang dikerjakannya, namun menyebabkan proses peleburan dan pemotongan melalui panas. Ini berarti kerusakan pada material diminimalkan serta perbaikan dan perawatan yang mahal untuk komponen yang bergerak yang menyentuh permukaan kerja dapat dihindari.

Konsumsi daya rendah

Ini adalah keuntungan penting bagi industri. Hal ini dikarenakan dengan mesin laser cutting proses pemotongan menjadi lebih efektif dan efisien. Industri juga tidak perlu khawatir menaikkan produksi sambil menurunkan biaya operasional. Mesin laser cutting hanya akan menggunakan daya sekitar 10 kW, di mana proses pemotongan lainnya perlu lebih banyak daya, yaitu sekitar 50kW.

Metode yang lebih aman

Dengan kebutuhan akan peningkatan produksi, maka kebutuhan akan keamanan juga meningkat. Laser cutting adalah metode yang jauh lebih aman daripada proses pemotongan lainnya karena sinar yang digunakan disegel kotak cahaya yang rapat.

Dapat bekerja dengan banyak bahan berbeda

Baik itu logam, berlian, plastik, kayu, kaca atau banyak bahan lainnya, mesin laser tidak akan kesulitan memotongnya dalam berbagai ukuran. Tidak hanya itu, mesin laser cutting juga dapat membantu menciptakan bentuk yang rumit.

Presisi luar biasa

Sifat pemotongan yang sangat akurat dan tepat adalah salah satu manfaat terbesar yang dimiliki oleh mesin laser cutting. Ini memungkinkan untuk pemotongan yang sangat akurat serta menghasilkan potongan yang bersih dan halus. Ini dapat membantu produk, komponen, dan perangkat menjadi lebih kecil, dan sangat mengurangi jumlah pemborosan material.

Tidak hanya berguna untuk proses pembuatan

Meskipun penggunaan utamanya adalah untuk proses pembuatan dan produksi, ini bukan satu-satunya bidang yang memberikan dampak besar oleh mesin laser. Mesin laser juga banyak digunakan di sektor medis untuk memotong jaringan manusia, digunakan dalam proses seperti operasi mata. Anda juga dapat menemukannya dalam aplikasi lain, seperti untuk tujuan artistik. Seorang artis bahkan memutuskan untuk menggunakan laser pada makanan untuk secara kreatif memotong desain dan hasil yang menarik. Itulah 6 keuntungan menggunakan mesin laser cutting. Bagi Anda yang membutuhkan mesin laser dan spare part mesin laser untuk keperluan industri Anda, maka Anda dapat mempercayakannya pada PT. Maxima Global Multiteknik. PT. Maxima Global Multiteknik adalah penyedia mesin dan suku cadang untuk kebutuhan laser pengelasaan, pemotongaan, dan grafir terbaik yang hanya dapat dicapai melalui komitmen PT. Maxima Global Multiteknik, dengan dukungan seluruh mitra perusahaan dan penerapan manajemen teknologi efektif dan efisien. Untuk informasi lebih lanjut, dapat Anda peroleh melalui website official PT. Maxima Global Multiteknik di https://maximaglobalmultiteknik.com/