Mesin Laser dengan Beragam Manfaat

Laser cutting adalah proses memotong suatu bahan dengan menggunakan teknologi laser berdaya tinggi. Hasil pemotongan rapi dan berkualitas tinggi serta akurasi yang tepat. Semakin banyak orang menggunakan teknologi laser untuk berbagai keperluan.

Kegunaan Mesin Laser

Mesin laser yang banyak digunakan untuk berbagai kepentingan pada dasarnya memiliki tiga kemampuan, yaitu.

1. Marking atau Menggores
Sinar laser dari mesin akan membuat merusak permukaan dari bahan yang digunakan. Dari proses tersebut akan menghasilkan goresan pada permukaan.

2. Engraving atau Mengukir
Sinar laser akan membuat goresan pada permukaan bahan dengan kedalaman tertentu. Hasilnya berupa ukiran atau motif maupun gambar tertentu.

3. Punching/Cutting atau Melubangi
Sinar laser akan membuat lubang pada bahan yang digunakan.

Cara Pemotongan dengan Mesin Laser

Menggunakan mesin laser tentu tidak mudah bagi pemula. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk memotong material dengan cara cutting laser.

1. Mempersiapkan pola dengan file berbentuk digital
Proses laser cutting menggunakan teknologi komputer seperti halnya pada percetakan 3D. Karena adanya sistem CNC maka pengoperasian memerlukan file tertentu. Pembuatan pola bisa memanfaatkan semua perangkat lunak vector editing.

2. Export file
Langkah selanjutnya adalah dengan mengexport file dengan software tertentu agar software pada mesin pemotong bisa membaca perintah pemotongan. File yang digunakan biasanya memiliki ekstensi atau format .dxf.

3. Melakukan persiapan software atau perangkat lunak
Pada tahap ini perangkat lunak akan mengatur kecepatan alat untuk memotong, kekuatan mesin, dan metode yang digunakan. Perintah pengerjaan berupa cut atau memotong, scan atau menggrafir, dan dot atau memotong dengan garis putus-putus.

4. Melakukan persiapan mesin dan material atau hardware
Nyalakan mesin sesuai dengan prosedur yang tepat. Jika menggunakan bahan yang lunak maka harus diatur agar tidak terlipat atau bergerak-gerak selama proses pemotongan.

5. Mengatur kalibrasi laser head pada material
Letakkan focus calibrator di antara material dan kepala laser. Atur posisi laser head hingga mengenai focus calibrator dengan menggunakan baut yang ada.

6. Memulai untuk memotong
Setelah semua persiapan selesai maka proses pemotongan siap untuk dimulai. Tekan tombol Start pada aplikasi. Untuk mencegah ruangan menjadi panas maka nyalakan blower untuk membuang gas dari mesin.