Proses Kerja Mesin Marking Pada Bidang Industri

Laser Marking Machine – Penggunaan mesin laser saat ini semakin banyak dimanfaatkan oleh para penggiat perusahaan di bidang industri. semakin berkembangnya zaman membuat mesin ini mempunyai banyak variasi, salah satunya mesin laser marking. Laser marking merupakan mesin untuk menandai material logam dengan memanfaatkan sinar laser. Sedangkan, untuk mesin yang digunakan disebut dengan mesin marking. Mesin ini juga mempunyai jenis yang beragam. Pada umumnya proses mesin laser ini digunakan untuk menandai material metal. Dengan bantuan mesin laser, proses marking ini mempunyai keunggulan yaitu bisa membuat hasil laser menjadi detail yang terbilang bagus sehingga cocok untuk material yang berukuran kecil contohnya seperti pembuatan logo dengan mesin laser.

Cara Kerja Mesin Laser Marking

Cara kerja dari mesin ini yaitu dibantu dengan menggunakan mesin laser yang fokus untuk membuat tanda pada permukaan suatu material. Mesin laser ini dikendalikan dengan menggunakan software yang ada pada komputer, sehingga sinar laser pada mesin dapat mengikuti desain yang telah diikuti dengan tepat dan dengan durasi yang cepat dan hasil yang presisi. Sinar laser akan diarahkan ke satu arah, dan saat sinar berinteraksi dengan permukaan material, energi laser akan mengubah sifat dan penampilan pada permukaan material dikarenakan sinar laser yang dipancarkan mengalami reaksi kimia dan fisik seperti, pelelehan, penguapan, maupun Cold stripping. Hal tersebut dapat menciptakan tanda dengan tingkat kontras yang tinggi. Itulah tadi cara kerja dari mesin ini yang biasa digunakan oleh beberapa industri. Beberapa industri yang menggunakan teknologi mesin ini antara lain adalah:

Industri Yang Menggunakan Laser Marking

Penggunaan mesin ini banyak digunakan pada beberapa industri, karena teknologi ini  dibutuhkan oleh banyak sektor industri untuk menandakan sebuah produk. Industri-industri yang menggunakan mesin ini antara lain seperti:

1. Industri Otomotif

Source: www.insider.com

Salah satu industri yang memanfaatkan teknologi mesin ini adalah industri otomotif. Pada industri otomotif mesin laser ini berguna untuk membuat nomor identifikasi kendaraan (NIV), dekorasi keyboard, dan panel instrumentasi.

2. Industri Logam

Source: www.istockphoto.com

Selanjutnya, ada industri logam yang memanfaatkan teknologi mesin ini untuk menandai produk dan mempermudah identifikasi.

3. Industri Periklanan

Source: www.exportersindia.com

Selanjutnya ada industri periklanan yang memanfaatkan teknologi mesin dengan jenis Engraving yang berguna untuk membuat motif dekoratif karena menawarkan fleksibilitas tinggi untuk menandai motif-motif kecil.

Itulah 3 industri yang banyak memanfaatkan teknologi mesin marking. Karena dengan menggunakan teknologi ini bisa membantu memberikan identitas pada industri Anda.

Source: www.scottmachinecorp.com

Kunggulan Menggunakan Mesin Marking

Selain itu, mesin ini mempunyai beragam keunggulan yang bisa Anda dapatkan saat menggunakannya jika dibandingkan dengan menggunakan mesin marking konvensional, diantaranya yaitu:

1. Dapat diprogram

 

Salah satu hal yang menjadi kelebihan pada mesin laser marking yaitu mesin ini secara otomatis dapat membuat nomor seri yang berurutan. Dengan memberi nomor dasar dalam hal nomor serinya, secara otomatis perangkat lunak akan memberikan nomor kepada batch berikutnya pada sebuah produk di baris berikut tersebut. Dengan fitur yang dimiliki oleh mesin marking otomatis maka dapat menghemat banyak waktu dan juga biaya.

2. Mempunyai kecepatan tinggi

Fungsi penandaan jauh lebih cepat dibandingkan dengan sistem penandaan konvensional. Hal ini dikarenakan dengan menggunakan sistem penandaan yang otomatis yang bisa membantu Anda menandakan banyak produk dalam satu menit. Kecepatan penandaan pengukir dengan laser marking terbilang sangat cepat. Bahkan beberapa mesin ini mencapai kecepatan 6000mm/s.

3. Akurasi tinggi

marking machine, mesin marking

Mesin laser markin mempunyai akurasi penandaan yang lebih akurat jika dibandingkan dengan skema penandaan konvensional. Akurasi pada mesin ini mencapai 0,08mm. Akurasi ini terbilang tinggi apabila dibandingkan dengan mesin penandaan konvensional.

4. Dapat memindai QR atau barcode

Mesin ini juga mempunyai kelebihan lain yang bisa dipakai saat Anda menggunakannya yaitu adanya fitur pemindaiannya. Jadi, jika Anda akan menggunakan untuk memproduksi batch dari salah satu spesimen yang tersedia secara fisik, maka Anda bisa dengan mudah memindai QR atau barcode batangnya dan mulai menandai.

Material yang digunakan Mesin Marking

Mesin ini berbeda dengan mesin laser Engraving dan laser Cutting, di mana 2 jenis mesin tersebut bisa digunakan pada material metal maupun non metal. Pahami beberapa material yang bisa diproses oleh laser metal disini. Sedangkan, untuk mesin ini hanya bisa digunakan pada material metal saja. Material metal yang bisa diproses dengan mesin ini antara lain seperti:

  1. Carbon steel
  2. Stainless Steel
  3. Tembaga
  4. Kuningan
  5. Galvanized Steel
  6. Nickel Plate

Itulah berbagai material yang bisa diproses oleh mesin ini. Bagi Anda yang tertarik menggunakan mesin laser untuk berbagai kebutuhan industri, maka Anda dapat memperolehnya melalui PT. Maxima Global Multiteknik. Kami adalah penyedia mesin dan suku cadang untuk kebutuhan laser pengelasaan, pemotongan, dan grafir terbaik yang hanya dapat dicapai melalui komitmen dan dukungan seluruh mitra perusahaan serta penerapan manajemen teknologi efektif & efisien.

 

Berikut Ini Beberapa List Produk Mesin Laser Unggulan Dari Kami

 

MC 30 F

Mesin FIBER LASER MARKER

laser marking

STRUKTUR SISTEM MC 30 F

1) Sistem pemindai Sistem penandaan (marking) mengadopsi sistem pemindai buatan Jerman, SCANLAB yang memiliki akurasi pemindaian tinggi, kecepatan tinggi, bekerja secara stabil terus menerus.

2) Perangkat lunak flying maker Laser marker MC 30 F melengkapi perangkat lunak fly marking, berbasis pada sistem Windows XP dengan interface berbahasa Inggris, itu membuatnya mudah dioperasikan dan dipelajari. Ini terutama cocok untuk lini produksi tinggi, dengan keuntungan sebagai berikut:

  • Interface humanisasi manusia-komputer, mudah dioperasikan dan dipelajari. Fungsi pemrosesan grafik yang sempurna, mendukung fungsi menciptakan, bergerak, memperluas, memutar, olahgambar, menyalin, menghapus, dan fungsi lainnya.
  • Fungsi pengaturan huruf yang kuat, mendukung TTF dan stok kerja SHX, mendukung format file seperti PLT, DXF, output BMP dari AUTOCAD, CORELDRAW, dll.
  • Menandai pengkodean otomatis, dapat mengatur jenis dan ukuran karakter, spasi antara karakter, kemiringan, susunan busur, dll.
  • Menyediakan metode koreksi yang paling mudah dan tepat untuk menutupi kesalahan yang dibuat dengan memasang lensa pemindaian.
  • Interface kontrol pintar, itu dapat menghubungkan berbagai peralatan otomatis dan sensor secara fleksibel
  • Perangkat lunak juga dapat disesuaikan sesuai kebutuhan pelanggan.

 

MC 30 P

Mesin FIBER LASER MARKER

mesin marking

STRUKTUR SISTEM MC 30 P

Laser marker MC 30 (CO2) terdiri dari catu daya laser. XY memindai lensa dan driver, sistem optik, sistem pendingin, sistem kontrol komputer, dan meja kerja, dll.

1) Catu Daya Laser Daya laser mengadopsi catu daya sakelar khusus yang dipasang bersama dengan catu daya pemindai pada gelagar laser, yang ringkas dalam konfigurasi dan mudah dioperasikan.

2) Lensa dan Driver Pemindaian XY Sistem lensa dan driver pemindaian XY digunakan untuk pemindaian dan orientasi laser presisi tinggi. Lensa pemindaian mengadopsi teknologi sensor pengujian posisi presisi tinggi yang stabil, magnet yang bergerak, dan metode kerja defleksi kumparan yang bergerak, dan driver mengadopsi sirkuit topologi baru. PC mengeluarkan sinyal servo untuk menggerakkan lensa pemindaian berputar untuk menandai secara akurat.

3) Sistem Optik Sistem optik termasuk osilator laser CO2, expander, lensa pemantul dan lensa fokus pemindai. Semua komponen ini diimpor dari produk-produk berkualitas tinggi, memiliki keunggulan presisi tinggi, kecepatan tinggi, stabilitas tinggi, dapat memenuhi persyaratan jangka waktu yang lama.

4) Sistem Pendinginan Sistem pendingin menggunakan metode pendinginan air, untuk menjamin layanan yang lama, stabilitas, dan keandalan osilator laser.

5) Sistem Kontrol Komputer Sistem kontrol komputer meliputi komputer, sirkuit konversi D/A, dan perangkat lunak penandaan (marking). Sirkuit konversi D/A mentransfer sinyal digital ke sinyal analog, untuk menggerakkan komponen optik yang berfungsi sesuai parameter yang ditetapkan oleh perangkat lunak. Perangkat lunak ini dapat diganti dengan dokumen yang keluar dari AUTOCAD, CORELDRAW, PHOTOSHOP, CAXA, dan banyak perangkat lunak lainnya. Ini juga dapat menangani penandaan (marking) bar codes, kode dua dimensi, konteks grafik, dll., dan mendukung format file seperti PLT, DXF, BMP, dll. SHX dan stok kerja TTF. Sistem dapat mengkode secara otomatis, dan mencetak nomor urut, nomor batch, tanggal, dll.

6) Meja Kerja Laser marker Han seri CO2 memiliki meja kerja manual, dan ketinggian meja kerja sesuai dengan fokus lensa. Melalui memutar roda tangan, itu dapat menyesuaikan permukaan benda kerja dengan cepat untuk membuat meja kerja dan fokus memiliki ketinggian yang sama, sehingga dapat mencapai posisi yang akurat.  

 

MX 20 R 

STRUKTUR MESIN

Laser marker fiber optic MX 20 R terutama disusun oleh sistem kontrol, sistem kontrol komputer, sistem optik, sistem pendingin, dan meja kerja.

1) Osilator laser fiber Osilator laser fiber MAX menggabungkan multi-modul pompa-cahaya dengan teknik kopling serat berlapis ganda, yang memiliki inti serat modul tunggal, untuk mencapai LASER serat paralel yang sisinya diperkuat. Berikut ini menyatakan karakter utamanya:

  • Kualitas balok bagus, M2 <1.6.
  • Setelah pemfokusan, diameternya sangat kecil, titik kerja kepadatan daya puncak sangat tinggi, terutama yang sesuai untuk penandaan makanan dan slotting, dll.
  • Efisiensi pengulangan denyut tinggi (1.6KHz-1000KHz) terutama sesuai untuk penandaan (marking) warna hitam.
  • Mengadopsi teknologi penguatan daya osilasi utama tanpa pemeliharaan dan teknologi generasi sumber denyut benih cahaya yang sangat dapat diandalkan, Dapat bekerja 24 jam terus menerus, tidak perlu perawatan, yang menghemat biaya perawatan dan operasional.
  • Efisiensi konversi fotolistrik yang secara keseluruhan tinggi, tidak ada sistem catu daya besar.

2) Sistem kontrol Sistem kontrol mengontrol jalannya seluruh alat, termasuk kontrol dan catu daya ke sistem optik dan sistem pendingin, kontrol dan indikasi sistem alarm.

3) Sistem kontrol komputer Sistem kontrol komputer meliputi komputer, D/A pengubah interface sirkuit dan perangkat lunak kontrol penanda (marking). D/A pengubah interface sirkuit mengubah output sinyal digit oleh PC menjadi sinyal simulasi, dan kemudian mendorong sistem optik untuk mengeluarkan denyut laser sesuai dengan parameter yang ditetapkan dalam perangkat lunak penandaan (marking), sehingga menandai konten secara akurat pada benda kerja. Perangkat lunak kontrol berjalan pada WINDOWS 7, interface berbahasa Inggris, kompatibel dengan dokumen keluaran dari AUTOCAD, CORELDRAW, PHOTOSHOP, CAXA, dll. Ia dapat menangani penandaan (marking) bar codes, kode 2D, konteks grafik, dll, mendukung format file seperti PLT, DXF , BMP, dll. Stok karakter SHX dan TTF dapat digunakan secara langsung. Sistem ini memiliki fungsi pengkodean otomatis, dapat mencetak nomor urut, nomor batch, tanggal, dll.

4) Sistem optik Sistem optik meliputi osilator laser, expander, sistem pemindaian, dan lensa fokus. Komponen utama sistem optik semuanya menggunakan produk-produk impor berkualitas tinggi, yang memiliki presisi tinggi, kecepatan tinggi dan stabilitas yang baik, memastikan kebutuhan kerja terus menerus berjam-jam. 5) Sistem pendingin Sistem pendingin udara yang nyaman mendukung pengoperasian sistem yang lama dan stabil.  

 

MX 20 

SISTEM KARAKTER MX 20 FIBER LASER MARKER

1. Hemat biaya tinggi untuk memenuhi sebagian besar permintaan klien pada bahan ukuran kecil dan ringkas, menggunakan sistem pendingin udara umum.

2. Output serat, dapat diterapkan secara fleksibel, dan mudah untuk membuat sistem pemrosesan 3D

3. Pasang isolator pemantul ke belakang, yang menggunakan panjang gelombang dan arah laser khusus, dan struktur khusus di dalam isolator pemantul ke belakang, untuk memblokir laser yang dipantulkan oleh benda kerja, untuk menghindari laser masuk lagi ke osilator laser untuk merusak osilator laser.

4. Funtion: Untuk memperpanjang umur generator laser dan menjamin keamanan.  

Untuk info catalogue, harga dan rinciannya mengenai mesin laser bisa anda akses disini :

MC 30 F – Catalogue Laser Machine

MC 30 P – Catalogue Laser Machine

MX 20 – Catalogue Fiber Laser Machine

Catalogue Maxima Smart AI Temperature

MX 20 R – Catalogue Fiber Laser Machine

 

Untuk informasi lebih lanjut, dapat Anda peroleh melalui website official PT. Maxima Global Multiteknik di https://maximaglobalmultiteknik.com/.