Contoh Material yang Dapat Dipotong Dengan Mesin Laser

Jika dilihat dari segi kebutuhan ternyata penggunaan mesin laser sebagai media pemotongan suatu pemotongan material ternyata semakin lama semakin meningkat. Maka dari itu tak heran jika saat ini pemilik jasa pemotongan dengan bantuan mesin tersebut juga semakin meningkat.

Namun tak semua material dapat dipotong menggunakan mesin tersebut. Nah berikut ini adalah penjelasan beberapa material yang dapat dipotong menggunakan mesin laser.

Logam

Logam menjadi salah satu material yang dapat dipotong dengan bantuan mesin cutting laser. Namun material ini membutuhkan perhatian khusus. Hal ini dikarenakan karakteristik logam yang begitu keras dan ketebalan yang dimilikinya yang tergolong lebih tebal dibandingkan material lainnya.

Sebagai contohnya adalah ketika anda melakukan proses pemotongan logam secara keseluruhan. Maka besaran plat yang digunakan adalah sebesar 0.06 inch. Namun yang perlu anda perhatikan adalah jika ketebalan logam terlalu tebal.

Maka ada kemungkinan ketika proses pemotongan akan mengakibatkan logam menjadi lebih mudah melengkung. Selain itu jika dilihat dari segi kerumitan pemotongan, ternyata logam adalah material yang sangat bagus untuk dilakukannya proses pengerjaan atau proses grafir.

Kayu

Kayu menjadi salah satu material yang paling sering digunakan untuk pemotongan menggunakan mesin cutting laser. Bisanya balok kayu akan dipotong menjadi beberapa bagian barulah dirakit menjadi sebuah konstruksi tertentu.

Tak jarang balok kayu akan dilakukannya pengukuran menggunakan mesin cutting laser. Yang terpenting adalah pemotongan dalam tingkat pemotongan apapun dapat dilakukan dengan baik oleh mesin cutting laser tersebut.

Plastik Ataupun Akrilik

Material plastik ataupun akrilik juga dapat dilakukan pemotongan atau pengukiran menggunakan mesin cutting laser ini. Bisanya plastik maupun akrilik akan dibuat menjadi sebuah aksesoris maupun hiasan dinding.

Tipe akrilik plexiglass adalah salah satu material yang banyak digunakan oleh banyak orang dalam pembuatan suatu konstruksi aksesoris.

Foam

Meskipun tak begitu populer material lainnya. Namun foam atau busa memang menjadi salah satu material yang dapat dipotong dengan menggunakan mesin cutting laser. Bahkan dalam ketebalan tertentu pun mesin cutting laser dapat bekerja dengan baik.

Beberapa material diatas memanglah yang sering kali dilakukan pemotongan menggunakan mesin laser.